Meskipun Daring, Medical Santri di Pondok Pesantren Darul Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo DIY Berjalan Lancar

Medical santri atau Medsan merupakan kegiatan tahunan dari Departemen Pengembangan Pesantren dan Pengabdian Masyarakat (DP3M). Medsan merupakan salah satu program kerja unggulan yang dilaksanakan oleh DP3M CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sebelumnya bernama B-Tren (Binaan Pesantren). Kegiatan medsan merupakan wadah bagi anggota CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk terjun langsung mengabdikan diri ke pesantren sedini mungkin.
Untuk tahun ini medical santri bertempat di Pondok Pesantren Darul Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo DIY. Kegiatan ini berbeda dari tahun sebelumnya, baik dari segi konsep acara dan tempat pelaksanaannya. Akibat masa pandemi yang masih berlangsung dan tidak memungkinkan untuk diadakan secara offline. Pada tahun ini, kegiatan akan dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) dengan lima kali pertemuan, dengan pembukaan pada pertemuan pertama serta penutupan pada pertemuan ke lima.
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 07 Maret – 04 April 2021. Pada tanggal 07 Maret atau minggu pertama, dilaksanakan pembukaan dan pemberian materi pertama yaitu Tanda – tanda Vital. Pada minggu kedua dilaksanakan pemberian materi personal Hygiene dan Protokol kesehatan saat Pandemi Covid 19. pada minggu ketiga dilaksanakan pemberian materi Mimisan dan Pingsan. Pada minggu keempat dilaksanakan pemberian materi kompres dan perawatan luka. Pada minggu terakhir yakni tanggal 04 April dilaksanakan Penutupan , Wisuda Kader dan Medsan Awards.
Menurut ketua panitia medsan tahun ini berjalan dengan lancar. “ medsan kali ini bisa dikatakan lancar yah, Karena semuanya ontime, dan terlebih ada salah satu panitia yang terdapat di lokasi langsung”.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *