WEBINAR HEALTH DAY 2020: Peduli Pesantren dan Masyarakat Terhadap COVID-19 (PANDEMIC)

Tepat pada hari Sabtu, 5 Desember 2020 CSSMoRA melaksanakan seminar online Health Day dalam rangka hari relawan nasional dengan tema peduli pesantren dan masyarakat terhadap COVID-19. Seminar ini dihadiri oleh dua narasumber yang luar biasa menarik dan mumpuni dalam bidangnya yakni Dr. H. Basnang Said, S.Ag., M.Ag sebagai Kasubdit PD Pontren Kementerian Agama RI dan dr. Abqariyatuzahra Munasib sebagai general practitioner sekaligus alumni CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2012.
Acara berjalan dengan lancar dan sesuai dengan konsep yang sudah dibuat. Meskipun heldy tahun ini online, tidak mengurangi semangat peserta. Acara berlangsung via zoom mulai pukul 09.00 WIB. Topik pembahasan yang diambil ada dua yaitu penerapan protokol kesehatan pada pesantren dan masyarakat dalam menghadapi pandemi, dan adaptasi pelaksanaan kegiatan pesantren pada masa pandemi.
Kasubdit PD Pontren Kementerian Agama RI, Dr. H. Basnang Said, S.Ag., M.Ag menjelaskan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan pesantren apabila melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta beliau juga membahas protokol kesehatan yang harus dilaksanakan oleh pesantren demi menjaga keamanan dan kesehatan seluruh warga pesantren. Protokol kesehatan yang harus dilaksanakan pesantren kurang lebih sama dengan protokol kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat umum seperti membersihkan ruangan dan lingkungan secara berkala dengan disinfektan, menyediakan sarana dan prasarana untuk CTPS di berbagai lokasi strategis, hingga melaksanakan ibadah dan ritual keagamaan pun tetap harus menerapkan protokol kesehatan.
dr. Abqariyatuzahra Munasib sebagai general practitioner sekaligus alumni CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2012 pun juga berbicara mengenai kesehatan pesantren di masa pandemi mulai dari dampak pada tubuh kita jika terinfeksi COVID-19, bagaimana cara penularannya, mengapa pesantren harus melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka, mengapa warga pesantren berpotensi tinggi tertular COVID-19 hingga cara pencegahan penularan COVID-19 di pesantren.
Sasaran pada seminar ini berasal dari kalangan umum dan khususnya pesantren di seluruh Indonesia. Dalam rangka membantu pesantren yang kekukarangan dalam menyediakan alat kesehatan guna mematuhi protokol kesehatan, maka kegiatan seminar online health day 2020 mengadakan open donation. Diakhir acara, diserahkan pemberian donasi bagi pesantren terpilih yaitu PP. Raudhlatul Mudarisin yang bertempat di Blora Jawa Tengah.
“Tuhan Abadi karna Dzatnya, Manusia Abadi karna Karyanya. Menulislah! Agar kamu abadi” -DENTA CSSMoRA UIN SYARIF HIDAYATULLAH 2020-2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *