#InfoVaksin: Sudah Siapkah Indonesia Melakukan Vaksinasi?

Akhir akhir ini anda pasti sering mendengar kata vaksin. Tapi tahukah anda apa itu vaksin? Vaksin merupakan produk biologi berisi antigen yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan secara aktif terhadap suatu penyakit tertentu. Vaksin akan membuat tubuh seseorang mengenali virus/bakteri penyakit tertentu, sehingga jika ada virus/bakteri yang masuk kedalam tubuh manusia, manusia itu akan kebal terhadap penyakit tersebut. Vaksin membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus/bakteri secara efisien dengan mengaktifkan respon tubuh terhadap penyakit. Tubuh kemudian akan mengingat virus/bakteri penyebab penyakit, mengenali, dan tahu cara melawan virus/bakteri tersebut.
Selama masa pandemi COVID-19 ini, sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa vaksin adalah obat dari COVID-19. Kenyataannya vaksin bukanlah obat, vaksin hanya mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit COVID-19 agar tidak tertular. Selain melakukan vaksinasi, upaya lain yang dapat melindungi diri dari penularan COVID-19 adalah melakukan 3M (Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Memakai masker, dan Menjaga jarak)
Terhitung sejak Minggu, 6 Desember 2020, Pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang telah diuiji secara klinis di Bandung sejak bulan Agustus. Pada awal Januari 2021 mendatang, Pemerintah mengupayakan akan mendatangkan 1,8 juta dosis vaksin lainnya. Selain mendatangkan vaksin dalam bentuk jadi, Pemerintah juga akan mendatangkan 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku yang akan datang pada bulan Desember ini, dan 30 juta dosis vaksin yang akan datang di bulan Januari. Vaksin dalam bentuk bahan baku tersebut nantinya akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma selaku BUMN produsen vaksin.
Vaksin yang telah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, kemudian langsung dibawa ke Kantor Pusat Bio Farma di Kota Bandung dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan. Setelah tiba di Bio Farma, vaksin dipindahkan ke cool room dengan suhu 2-8 celcius yang telah disterilisasi. Kemudian tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma mengambil sampel vaksin untuk dilakukan pengujian mutu. Setelah mendapatkan izin dari BPOM, maka sudah bisa dilakukan vaksinasi COVID-19.

Referensi:
Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2020. Presiden: 1,2 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Tiba di Tanah Air. https://www.kominfo.go.id/content/detail/31251/presiden-12-juta-dosis-vaksin-covid-19-tiba-di-tanah-air/0/berita di akses pada Senin, 7 Desember 2020 Pukul 17.13 WIB.
Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. 2020. Buku Saku #Infovaksin.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. 2020. Vaksin Sinovac Disimpan di Bio Farma Bandung. https://www.kominfo.go.id/content/detail/31260/vaksin-sinovac-disimpan-di-bio-farma-bandung/0/berita diakses pada Senin, 7 Desember 2020 pukul 17.37 WIB.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *