Denta CSSMoRA UIN Jakarta Sukses Gelar Denta Competition 2021

Denta CSSMoRA UIN Jakarta menggelar lomba Puisi dan Cerpen yang di bungkus dalam Denta Competition. Denta Competition adalah Program kerja dari departemen Denta CSSMoRA UIN Jakarta yang diadakan satu kali dalam satu periode.
Denta Competition mempunyai serangkaian timeline yaitu dari pendaftaran lomba, pengumuman juara lomba cerpen, pengumuman 15 besar puisi terbaik sampai pengumpulan musikalisasi puisi. Pendaftaran dibuka pada tanggal 21 januari-24 Februari. Namun pada akhirnya pendaftaran ditutup tanggal 6 Februari untuk cerpen dan tanggal 12 Februari untuk puisi karena pendaftar sudah penuh.
Untuk Penilaian Cerpen cuma ada satu tahap penilaian namun untuk Puisi terdapat tiga tahap penyisihan. Yakni Penyisihan pertama dilaksanakan pada tanggal 25 februari sampai 13 Maret. Seleksi tahap dua diumumkan pada tanggal 14 Maret yakni diambil 15 karya terbaik, kemudian seleksi tahap tiga yakni penilaian Musikalisasi Puisi.
Jumlah total pendaftar Denta Competition ialah 213 yakni dengan 85 karya cerpen dan 128 karya Puisi. Pengumuman juara lomba Cerpen diumumkan pada tanggal 14 Maret 2021. Juara I yakni Cerpen dengan judul dari sudut warung kopi karya Ali Hamidi, juara II dengan judul Donatur Masjid karya Gandi Sugandi dan Juara III dengan judul Aku bukan Kakekku karya Muhammad Mufarrij.
Pengumuman lomba Puisi diumumkan pada tanggal 1 April 2021 Juara I dengan judul Sekelas Jelata oleh Naufal Abidah, Juara II dengan judul Risalah putra bangsa oleh Riyana, dan juara ke III dengan judul Renjana Senja oleh Tanesa Oktavia
Dibalik suksesnya Denta competition, terdapat juga beberapa kendala seperti yang disampaikan oleh ketua panitia Vurinda Anggraeni, pada awalnya terdapat kesulitan dalam jumlah pendaftar yang bisa dikatakan sedikit dan kurang dari target, namun akhirnya kendala ini teratasi. “Kendala awal kita agak kesulitan untuk mencari peserta lomba karena setidaknya kita mendapatkan peserta sesuai dengan batas maksimal, dan di bagian panitia yang menjadi CP agak kewalahan karena selesai kita promosikan lomba di IG Lomba Gratisan banyak sekali peserta yang mendaftar dalam sehari kemungkinan ada sampai 20 chat “ ujarnya.
Menurut naufal Abidah, peraih juara satu puisi. Lomba ini adalah pembuka baginya yang nantinya akan berkelanjutan menjadi lebih baik. Ia juga berterimakasih kepada semua orang yang mendukungnya dan kepada pihak panitia yang telah menyelenggarakan event ini. “Alhamdulillah yang bisa saya ucapkan trimakasih banyak kepada semua orang yg telah mendukung saya dalam lomba ini, ini adalah kali pertama saya mengikuti lomba musikalisasi puisi semoga bisa menjadi pembuka dari hobi saya yang nantinya bisa berkelanjutan lebih baik dari sekarang, sekali lagi saya ucapkan trimakasih bnyak juga kepada panitia penyelenggara yg telah memberikan saya kesempatan yang berbarokah ini” tuturnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *