Pelatihan Analisis Data Menggunakan SPSS dan Epidata

Pelatihan Analisis Data merupakan salah satu kegiatan program kerja Departemen Pendidikan dan Profesi (PENDPROF) CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan kemampuan kita terkait dengan cara mengolah data. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah masing-masing melalui aplikasi zoom, meskipun diadakan via zoom tetapi pemateri dan peserta tetap mengikuti kegiatan ini dan mencoba memahami materi-materi yang disampaikan dengan baik.
Acara Pelatihan Analisis Data ini sangat bermanfaat, karena terdapat materi yang sangat penting khususnya untuk tugas akhir kita nanti yaitu skripsi. Peserta wajib dari Pelatihan Analisis Data ini terdiri dari anggota CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2017 dan 2018 karena memang khusus diadakan untuk mereka yang sudah mendekati proses penyusunan tugas akhir atau skripsi.
“Manfaat ikut andat ya penting banget ya, soalnya kan kalau orang yang gak belajar SPSS dan epidata secara mendetail itu pasti butuh banget perkenalan tentang cara mengolah data melalui dua aplikasi itu. Menurut aku itu penting banget ya, manfaatnya kerasa banget karena kita harus tau kan setidaknya satu langkah lebih jauh daripada teman-teman yang lain” Ujar saudari Ninda Nurul Inayah saat ditanya apa manfaat yang dirasakan usai mengikuti pelatihan analisis data tahun ini.
Pemberian materi Epi data diberikan oleh saudari Salma Nur Helmina selaku anggota CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Kesehatan Masyarakat angkatan 2017. Motivasi saudari Salma ingin menjadi pemateri Epi data dalam pelatihan analisis data tahun ini adalah karena memang saudari Salma sudah diberi kesempatan menjadi bagian dari CSSMoRA yang membuatnya bisa duduk di bangku kuliah sampai saat ini yaitu di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kebetulan juga, saudari Salma memang sudah belajar tentang analisis data menggunakan epi data sejak ia semester 3. Jadi, menurutnya tidak ada salahnya untuk berbagi ilmu bersama temen-teman yang sebentar lagi atau sedang menempuh fase mengerjakan tugas akhir. Ia juga mengatakan bahwa “Sedikit atau banyak yang aku sampaikan, semoga bisa jadi ilmu bermanfaat untukku dan untuk teman-teman” Begitu ujar saudari Salma.
Pemberian materi SPSS diberikan oleh saudara Ahmad Solihin Hafi selaku anggota CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Program Studi Kesehatan Masyarakat angkatan 2016. “Motivasi utamanya karena merasa masih menjadi bagian darr CSS dan tentu banyak berhutang budi dengan CSS, jadi ya berusaha bisa memberikan kontribusi semampu saya seperti mengisi pelatihan andat tadi, motivasi yang lain ya emang masih mau belajar lewat diskusi bareng adek-adek tads di pelatihan andat tadi” Ujar saudara Hafi saat ditanya motivasinya untuk menjadi pemateri SPSS dalam pelatihan analisis data tahun ini.
“Kesan yang pertama tentunya seneng ya karena masih diberi kesempatan buat ngasih kontribusi ke CSS, kesan yg lain masih belum pengalaman berbicara lewat daring seperti tadi jadi agak merasa aneh aja dan belum adaptasi, pesan buat pelatihan andat tahun depan mungkin bisa ya dibuatnya beberapa batch gitu, jadi ga cuma 1/2 hari aja, karena emang bener ga cukup sebenernya kalau mau pelatihan analisis data sampai bisa cukup paham gitu kalau semua materi disampein cuma dalam 1 pertemuan” Ungkap Ahmad Solihin Hafi salah satu peserta pemateri dalam Pelatihan Analisis Data tahin ini.
Kesan dan pesan saudari Salma Nur Helmina terhadap Pelatihan Analisisi Data tahun ini, ia mengatakan “Alhamdulillah, terimakasih banyak kepada panitia sudah diberikan kesempatan buat sharing dengan temen-temen lain. Walaupun dalam kondisi pandemi seperti ini, tidak menurunkan niat temen2 untuk selalu memperbarui ilmu-ilmu yang bermanfaat seperti andat ini. Ya meskipun feelnya sedikit beda karena online begini yaa. Pesan untuk pelatihan andat tahun depan emmmm mungkin ditambah lagi ya sesinya, karena dalam penelitian itu ada banyak step gitu. Jadi, bukan hanya saat sudah mendapatkan data lalu dianalisis. Tapi sebelumnya juga, jadi dimulai dengan mengenal terlebih dahulu tentang desain-desain penelitian, besaran sampel sampai ke bagaimana menyajikan data. Kalau bisa juga ada khusus per prodi.”
“Tuhan Abadi karna Dzatnya, Manusia Abadi karna Karyanya. Menulislah! Agar kamu abadi” -DENTA CSSMoRA UIN SYARIF HIDAYATULLAH 2020-2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *