Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

Pandemi COVID 19, bukan hal yang asing lagi. Sudah hampir 3 bulan lebih kita dirumah saja. Hal ini bukan berarti kita hanya diam dan tidak melakukan aktivitas apapun di rumah yang bermanfaat. Ada banyak hal yang dapat dilakukan, mulai dari belajar mandiri, melakukan hobi yang disenangi, membantu orang tua, bahkan menjadi relawan di berbagai tempat. Keadaan dirumah saja justru menuntut kita agar terus berinovasi agar terus produktif dan bermanfaat. Seperti yang baru saja terjadi, salah seorang anggota CSSMoRA UIN Jakarta, Vina Izzatul mampu membuktikan bahwa kita bisa berprestasi dalam segala kondisi.

Baru-baru ini, Vina izzzatul meraih Juara 2 lomba Mini Medical Olympiad cabang Genitourinary yang diadakan oleh ISMKI( Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia) wilayah 1. Berawal dari bermain Instagram, Vina melihat salah satu story temannya yang mengunggah info perlombaan tersebut. Sehingga Vina mendaftar lomba tersebut. Lomba secara online ini berlangsung dari 26 Juli hingga 3 Agustus 2020. Mini Medical Olympiad (MMO) merupakan salah satu lomba yang bertujuan sebagai ajang latihan persiapan lomba RMO (Regional Medical Olympiad) dan IMO (Internasional Medical Olympiad). Mekanisme perlombaannya diawali dengan pendaftaran, kemudian registrasi, dan dilakukan technical meeting pada h-1 acara. Keseluruhannya dilakukan secara daring. Aturan perlombaan hampir sama dengan aturan RMO. Setiap soal yang dijawab benar akan mendapat skor 4, bila salah -1, dan bila dikosongkan 0.

Perlombaan ini sudah cukup menggambarkan dengan baik bagaimana gambaran perlombaan RMO dan IMO yang sebenarnya. Disamping itu, perlombaan ini juga dapat menggambarkan berbagai contoh tipe soal dari UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter), sehingga sangat dianjurkan dan bermanfaat bila diikuti oleh seluruh mahasiwa kedokteran.

Berikut beberaapa pesan dari Vina untuk keluarga CSSMoRA, “ Jika punya mimpi ya perluas link dan wawasan . Aku sendiri punya focus ingin mendalami ilmu di cabang genito urinary, jadi aku fokus nyari info, lomba, seminar, pokoknya segalanya aku coba ikutin. Intinya jangan takut buat mencoba. Terkhusus pesan untuk anak css, aku yakin anak css itu pasti punya hal yang spesial dalam dirinya. Something different make them special by their own way. Mungkin terkadang kita ngerasa ragu dsb., karena mungkin fase saat kita kuliah dan dulu di sekolah berbeda. Intinya jangan kubur impian kita. Cari link, saling share ke teman. Kita tidak akan pernah tahu sampai mana batas kemampuan kita sampai kita mencobanya. Just try! Sebisa mungkin kita membanggakan CSSMoRA. Kalau belum bisa membanggakan, ya setidaknya tidak melakukan hal-hal yang membuat nama CSSMoRA menjadi buruk. Tapi aku percaya anak CSSMoRA semuanya membanggakan dan baik-baik. Kalau aku pribadi selalu menanamkan dalam pikiranku ya, mau sebesar apapun aku nanti, asalku tetap santri, dan dengan bangga aku akan mengatakan AKU INI SANTRI. Intinya ingat asal dan tempat kembali kita.”

Sungguh sangat menginspirasi perjuangan dan tekad yang dilakukan oleh Vina dalam meraih mimpinya. Sekali lagi, keluarga CSSMoRA turut berbahagia dan bangga memiliki Vina sebagai keluarga CSSMoRA UIN Jakarta. Sekali lagi, untuk keluarga CSSMoRA jangan lupa untuk terus mencoba dan menghidupkan mimpi masing-masing. Selamat mencoba dan terus berproses fams!

“Write it down! You will die but not with your writings.”
Denta CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2019/2020.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *