Setelah Berhasil di Ajang Duta Genre, Kali Ini Rinaldi Ikuti Putera Bahari Indonesia

Prestasi demi prestasi tidak juga menuai absen di tahun 2019. Setelah berbagai prestasi yang diraih oleh anggota CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di berbagai bidang, keluarga CSSMoRA kembali dibanggakan dengan terpilihnya Rinaldi Nur Ibrahim sebagai wakil Putera Bahari Kalimantan Timur dalam ajang nasional pemilihan Putera Bahari Indonesia.

Lewat kegigihannya yang berawal dari tekad untuk memiliki target setiap tahun, anggota CSSMoRA ini memilih untuk menargetkan diri sebagai putera bahari di tahun ini setelah berhasil menyabet duta genre tahun lalu. Berangkat dengan motivasi diri sendiri yang suka bersosialisasi dengan orang lain, berbagi dengan masyarakat juga kesadaran sebagai mahasiswa yang telah dibiayai di kampus, kita harus bermanfaat bagi orang lain. Dari sinilah ketertarikannya dimulai untuk mengikuti pemilihan Putera Bahari Indonesia 2019.

“Proses pemilihan dimulai dengan pendaftaran online dengan penilaian attitude juga pengetahuan bahari di wilayah Kalimantan Timur. Alhamdulillah saya lolos sebagai wakil Kalimantan Timur dan lanjut di ajang pemilihan Putera Bahari Indonesia. Pemilihan Putera Bahari Indonesia sendiri dimulai dengan masa karantina seluruh finalis dari masing-masing provinsi. Selama karantina kami diberi pembekalan tentang pengetahuan bahari, transportasi laut, pelatihan public speaking, attitude sebagai putera-puteri bahari yang baik serta eksplorasi bakat yang kita miliki. Berhubung ini merupakan pengalaman pertama saya di ajang pemilihan putera-puteri bahari nasional, saya melihat teman-teman finalis lain sudah sangat matang baik secara attitude ataupun pengetahuan bahari, terlebih kondisi berbagai acara yang hampir berbarengan dan studi saya yang tengah masa penyelesaian skripsi, tapi Alhamdulillah saya dapat berbaur dengan mereka semua.” Ungkap mahasiswa farmasi ini saat diwawancarai reporter Denta.

“Setelah masa karantina, puncak kegiatan dilaksanakan pada malam final dimana sebelumnya kami telah diajarkan terlebih dahulu terkait persiapan jadwal di atas panggung termasuk tentang catwalk dari ahlinya secara langsung serta cara menjawab QnA yang baik. Tapi, tentu jauh sebelum sampai pada malam final ini kita harus punya persiapan. Untuk pemilihan Putera Bahari Indonesia sendiri hal pertama yang harus kita siapkan adalah ilmu, khususnya perihal pengetahuan bahari di masing-masing provinsi yang kita wakili juga bahari di Indonesia. Hal yang kedua yang harus disiapkan adalah program yang kita canangkan untuk menjadi Putera Bahari Indonesia yang mana program ini dipresentasikan saat pemilihan.” Tambahnya.

Lewat perjuangan dan segala hal yang telah dipersiapkan tersebut, Alhamdulillah pada malam final penghargaan Putera Bahari Persahabatan Indonesia disematkan kepada angota CSSMoRA angkatan 2015 ini. Penghargaan tersebut diberikan atas penilaian juri mulai dari awal karantina dengan ketentuan penilaian, finalis adalah peserta yang dapat merangkul teman-teman yang lain dengan baik.

“Untuk teman-teman CSSMoRA, tetep semangat! Kita buktikan bahwa kita adalah sosok terpilih. Buat target setiap tahunnya, selalu positif thinking dengan apa yg kita lakukan dan jangan pernah putus semangat. Pantang menyerah! Karena insya allah kita bisa menjadi tombak untuk memajukan Indonesia ke depan.” Ungkapnya di akhir wawancara.

“Write it down! You will die but not with your writings.”
Denta CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2019/2020.
[ma.ms]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *