CSSMoRA Berprestasi dalam JIMU 2019

September 2019, dua orang anggota CSSMoRA UIN Jakarta kembali mengharumkan nama CSSMoRA. Terlibat dalam lomba poster publik Islami yang diadakan oleh Universitas Indonesia membuahkan hasil. Alhamdulillah meraih Juara 3 Poster Publik dalam acara Jakarta Islamic Medical Updates 2019 (JIMU 2019). Rangkaian acara JIMU 2019 ialah perlombaan poster publik dan Seminar integrasi kesehatan dan keislaman. Tema yang diusung pada perlombaan poster ialah terkait Fikih Kontemporer dan bidang Kesehatan. Acara ini berlangsung sejak Juli hingga pengumumannya pada September 2019. Perlombaan poster public ini diikuti oleh berbagai instansi perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Puncak acaranya pada Sabtu, 14 September 2019. Kegiatan diawali dengan seminar dan talkshow terkait Keislaman dan Kesehatan yang kemudian disusul dengan pengumuman para finalis.

M. Akmal Ala Uddin ( CSSMoRA UIN Jakarta Angkatan 2017) bersama Ghinaa Aliyya F. ( CSSMoRA UIN Jakarta Angkatan 2017) dan Runi Fauzah mengangkat tema poster publik BANK ASI. Pemilihan tema fikih kontemporer ini didasarkan pada jurnal yang membahas bahwa permasalahan BANK ASI ini masih diperdebatkan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan belum dibangunnya lembaga resmi yang mengatur terkait penyelenggaraan BANK ASI di Indonesia. Disamping itu, diketahui bahwa populasi bayi yang lahir setiap tahunnya mencapai angka sekitar 4 juta kelahiran per tahun. Tentunya pemberian ASI sebagai asupan dasar bagi para bayi sangat diperlukan. Lalu bagaimana dengan Ibu yang tidak dapat menghasilkan ASI-nya sendiri, dan bagaimana pandangan Islam menyikapi hal tersebut. Inilah beberapa latar belakang yang menjadi landasan dalam pengambilan tema pada lomba JIMU 2019 terkait fikih kontemporer dan kesehatan.

“Carilah sebanyak-banyaknya pengalaman. Sejatinya Semua orang adalah pemenang. Karena semuanya sedang melakukan perjuangan. Perjuangan adalah kemenangan. Kemenangan atas rasa takut dan atas rasa rendah diri. Semangat terus CSSMoRA UIN Jakarta. “ ungkap salah seorang peraih juara 3 perlombaan ini.
“Oh iya yang paling penting juga, jangan lupa semangat kuliahnya.” Tambahnya.

“Write it down! You will die but not with your writings.”
Denta CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2019/2020.
[_G-]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *