Medical Training “Let’s Share Knowlegde for The Future”

(Sabtu, 26/10/2019)Medical training merupakan salah satu kegiatan program kerja Departemen Pendidikan dan Profesi (PENDPROF) CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan kemampuan kita terkait dengan pelayanan medis. Kegiatan ini dilaksanakan di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan, tepatnya di ruang kelas 308 FK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara Medical Training ini sangat bermanfaat, karena terdapat berbagai materi yang sangat penting, menarik, serta dibawakan oleh pemateri yang hebat pula. Tidak hanya materi yang diberikan pada peserta namun, para peserta Medical Training juga langsung dipraktikkan dan dapat mempraktikkan berbagai macam pelayanan medis.

Peserta acara Medical Training ini merupakan anggota CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2018 dan 2019 dari seluruh program studi di Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan yaitu PSPD (Program Studi Pendidikan Dokter), PSKM (Program Studi Kesehatan Masyarakat), PSF (Program Studi Farmasi), dan PSIK (Program Studi Ilmu Keperawatan).
Pemberian materi dan praktik pelayanan medis ini disesuaikan dengan program studi masing-masing peserta. Peserta Medical Training dipraktikkan cara penggunaan bvm untuk korban serangan jantung oleh Ka M. Ilmul Yaqin Amha, praktik cara mengukur tekanan darah oleh Ka Ahmad Mu’taz Shobary, lalu ada juga pemberian materi dan praktik Patient Conseling oleh Ka Siti Istiqlalia, pemberian materi Investigasi Wabah oleh Ka Moch. Thoriq Assegaf A, pemberian materi Perawatan Luka oleh Ka Al-Hidayah, pemberian materi Skrining oleh Ka Fidah Syadidurrahmah, pemberian materi Cara Membaca Resep oleh Ka Retno Tri Rahayu, pemberian materi Steril oleh Ka Cholifatul Aulia dan Ka Izzah Amalina, serta ada pemberian materi untuk PAPE Edukasi Nutrisi oleh Ka Hanan Lutfi Dzulfikar, S. Ked, lalu terakir ada praktik jahit oleh Kak Isna Khumairotin Akrimah, S.Ked.

“Menurut saya acaranya bagus ka, acara ini Bermanfaat banget buat membuka wawasan saya baik dari awal materi hingga akhir. Pesannya semoga acara ini bisa berjalan terus tiap tahunnya Dan lebih menarik lagi materinya dari yg kemarin” Ungkap Mita Fitriah salah satu peserta Medical Training angkatan 2019 Program Studi Kesehatan Masyarakat.
“Jadi, kesan medtrain itu menurut saya, asik, seru, menambah wawasan kita mengenai yang telah disampaikan, dan sangat bermanfaat buat kedepan nya, karena kita sebagai tenaga medis harus bisa menjadi orang yg bermanfaat bagi masyarakat terutama di ranah kesehatan, salah satu softskill kita juga sebagai tenaga medis, yang pastinya akan dipraktikkan di lapangan, jadi acara medtrain ini sangat sangat bermanfaat dan penting, sukses selalu medtrain, semoga pada tahun-tahun berikutnya bisa ditingkatkan lagi pesertanya, dan harus lebih bagus dri tahun-tahun sebelumnya” ungkap Najiyah selaku panitia pelaksana kegiatan tersebut sekaligus anggota departemen Pendprof CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2019/2020.

“Write it down! You will die but not with your writings.”
[Sinta Nur Septiani]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *