Mahasiswa FK-Fikes CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gelar Kegiatan Kemanusiaan Lewat Donor Darah

(Sabtu, 19/10/ 2019) Mahasiswa FK-Fikes yang tergabung dalam organisasi CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selesai melaksanakan kegiatan donor darah di kampus 2 UIN Jakarta. Kegiatan yang bekerjasama dengan UTD Pandeglang ini merupakan program kerja Departemen Pengembangan Pesantren dan Pengabdian Masyarakat (DP3M) di bawah naungan CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yakni organisasi yang terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa kementrian agama atau yang kerap disebut Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Dengan tujuan dapat menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama, kegiatan donor darah ini berhasil menampung 43 kantong darah dari kurang lebih 70 pendaftar termasuk anggota CSSMoRA, mahasiswa FK-Fikes serta masyarakat umum.

Dadang Mulyono (mahasiswa Kesehatan Masyarakat 2018), ketua pelaksana kegiatan ini menyampaikan, “Donor darah ini merupakan perbuatan yang mulia. Dengan menyumbangkan darah kita untuk menyelamatkan orang lain kita secara tidak langsung telah mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi yang ke-3, yakni pengabdian masyarakat. Selain itu, kegiatan semacam ini juga bisa sebagai ajang silaturrahmi baik kepada para pendonor atau pihak kerjasama yang pada kali ini berkesempatan dengan UTD PMI kabupaten Pandeglang.”

“Selain sebagai wujud kepedulian kepada sesama, donor darah juga bermanfaat bagi pendonor, salah satunya meningkatkan eritrosit dan menjaga kesehatan jantung.” Tambah Fidah Syadidurrahmah, Ketua departemen P3M yang merupakan mahasiswa peminatan Epidemiologi Kesehatan Masyarakat 2017
.
Ketua CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2019/2020, Dio Gunawan (mahasiswa peminatan Kesling Kesehatan Mayarakat 2017) mengatakan sangat bersyukur dengan pelaksanaan kegiatan ini. “Alhamdulillah kegiatan sudah terlaksana dengan lancar. Kegiatan ini juga mewujudkan harapan kita sebagai pribadi bermanfaat yang sebenar-benarnya, “Khairunnas anfa’uhum linnas”, begitu kata Rasulullah SAW.”

“Pada intinya, marilah kita terus berbagi contohnya lewat kegiatan donor darah semacam ini. Selagi kita mampu untuk memberi kepada orang lain, kenapa tdak bukan?” Tambahnya di akhir wawancara.

[Reporter: Retno Palupi M.A (FK UIN 2017)]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *