CSSMoRA UIN Jakarta Gelar Bilingual Fair untuk Semarakkan Hari Santri

(Sabtu-Ahad, 19-20/10/2019) Program unggulan kepengurusan CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2019/2020 telah terlaksana. Kegiatan yang tergabung dalam rangkaian Bilingual Fair tersebut terdiri dari Bilingual Competition dan Talkshow Beasiswa dan Seminar Curriculum Vitae-Motivation Letter. Kegiatan ini bertujuan untuk memperingati hari santri 22 oktober 2019, menumbuhkan daya saing antara peserta dengan latar belakang pesantren maupun umum serta sarana sosialisasi CSSMoRA UIN Jakarta sehingga dapat bekerjasama dengan berbagai pihak.

Kegiatan yang terdiri dari kompetisi story telling, MQK, pidato bahasa arab, pidato bahasa inggris dan scrabble ini dilaksanakan di lantai 3 Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Jakarta pada hari pertama (Sabtu, 19/10/2019). Kegiatan hari pertama ini juga dibarengkan dengan kegiatan donor darah yang diadakan oleh departemen pengembangan pesantren dan pengabdian masyarakat (DP3M). Kegiatan kemudian dilanjutkan pada hari ahad, 20/10/2019 dengan Talkshow Beasiswa dan Seminar Curriculum Vitae-Motivation Letter yang pada kali ini berkesempatan dihadiri oleh lima pemateri di bidangnya; Dr. Basnang Said, M.Ag (Kasubdit Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kementerian Agama RI), Agus Setiyawan (Awardee Al Azhar Cairo, Mesir Scholarship and Director of Basya Course and Study Consultance), Gita Gutawa (Awardee LPDP Scholarship in London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris), Ikrom Mustofa, S.Si, M. Sc (Awardee PBSB Scholarship in IPB and LPDP Scholarship in Wageningen University Belanda) dan Gilang Anugerah Munggaran, S.KM. (Awardee PBSB Scholarship in UIN Jakarta and LPDP Scholarship in Universitas Indonesia).

“Alhamdulillah walaupun melelahkan tetapi dengan sumber daya panitia yang kuat dan optimis acara ini dapat terlaksana dengan baik meski persiapan hanya dalam jangka waktu tiga bulan. Harapan besar bagi saya semoga acara ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan sebaik apapun acara tentunya pasti terdapat hal yang harus diperbaiki jadi untuk generasi selanjutnya yang akan mengadakan acara ini lagi saya berharap untuk dapat melengkapi kekurangan acara pada hari ini. Pesan saya untuk teman-teman semua, memetik perkataan Pak Basnang, “Kita belajar tidak ada batasnya, carilah ilmu sebanyak dan semampu-mampunya agar dapat bermanfaat untuk orang lain”. Ungkap Jihan Istiqomah (anggota CSSMoRA 2017) selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Dio Gunawan, ketua CSSMoRA UIN Jakarta menambahkan, “Kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh pelajar baik tingkat Aliyah maupun mahasiswa. Sehingga mereka mendapatkan gambaran secara jelas bagaimana untuk mendapatkan beasiswa juga modal apa yang perlu dimiliki dalam meraih impian. Saya pribadi berharap semoga para peserta dalam kegiatan ini mulai sadar bahwa dalam meraih beasiswa butuh adanya bekal bahasa. Sukses selalu untuk kita semua!.”

“Write it down! You will die but not with your writings.”
Denta CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2019/2020.
[A’lal Aulia M. Zain]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *