Berani Melangkah Kembali Setelah Gagal untuk Kali Pertama

(12-13/10/2019) Syifa Hasna Azzaidah Nisa, anggota CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2017 berhasil menyabet juara pertama pada kompetisi esai yang diadakan oleh Universitas Jendral Soedirman. Kegiatan yang tergabung dalam rangkaian National Seminar and Soedirman Nursing Competition (NS2NC) 2019 tersebut bertemakan Menuju Indonesia Sehat 2025 dengan Menurunkan Angka Penderita Gagal Jantung. Berangkat dari tema tersebut, mahasiswa Keperawatan ini membawakan esainya dengan judul Komunitas Peduli Jantung sebagai Solusi Promotif dan Preventif dalam Menurunkan Angka Penderita Gagal Jantung.

Kegiatan yang dipanitiai oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Unsoed tersebut dibuka dengan penampilan tari daerah kemudian dilanjutkan dengan perlombaan pada hari pertama. Hari kedua kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan seminar nasional dengan tema Comprehensive Approach in Managing Hearth Failure sekaligus pengumuman pemenang.

“Selain menambah relasi dari berbagai universitas, kegiatan semacam ini juga menjadi salah satu wadah mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya. Selain itu kita juga mendapat banyak ilmu lewat diskusi dengan para peserta lain.” Ujar mahasiswa asli Jawa Tengah ini.

“Mengingat ini adalah kali kedua saya mengikuti perlombaan yang sama dengan acara yang sama bahkan penyelenggara yang sama dan kemudian kalah pada kesempatan pertama. Pesan yang paling ingin saya tekankan adalah untuk tidak takut dalam memulai sesuatu, tidak ada keberhasilan yang datang dengan instan, beberapa hal perlu datang setelah adanya proses panjang. Bukankah bahkan untuk mie instan saja kita juga perlu merebusnya sebelum dinikmati? Selain itu, jangan menyerah, gagal adalah keberhasilan yang tertunda, tidak ada hal yang sia-sia. Dan yang terakhir, jangan malas untuk belajar dan dalami kompetensi yang kita suka.” Tambahnya di akhir wawancara.

“Write it down! You will die but not with your writings.”
Denta CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2019/2020.
[Retno Palupi M.A.]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *