Bukti Nyata : Bersama Santri Sehatkan Negeri oleh CSSMoRA UIN Jakarta

“Pengabdian sejatinya adalah perihal hati. Ia merupakan nyawa kedamaian yang terbungkus dalam jutaan aksi nyata.” (Anonim)

 

Kata-kata tersebut menjadi salah satu pemantik semangat tim Pengabdian CSSMoRA untuk ikut turun ke lapangan melaksanakan bentuk pengabdian nyata. Sasaran lapangan kali ini merupakan masyarakat yang tinggal di kabupaten Tangerang tepatnya di kecamatan Sukadiri dan desa Sukadiri. Suasana desa terlihat ramai dipenuhi suara tawa anak-anak dan senda gurau para ibu yang duduk di depan teras rumahnya. Hal umum yang sering ditemukan dalam rutinitas kawasan desa. Namun sejauh mata memandang  terlihat beberapa sampah yang masih berserakan dan betapa miris ketika mengetahui bahwa masih banyak rumah yang tidak memiliki tempat pembuangan sampah di pelataran rumahnya. Hal ini menjadi daya pikat tersendiri bagi tim pengabdi untuk hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat, karena dengan mengikuti kegiatan ini kita menjadi semakin tahu bahwa di luar sana masih banyak masyarakat yang perlu mendapat perhatian dari kita. Tentunya sebagai mahasiswa dan terkhusus sebagai santri yang berperan menjadi  kader kesehatan. Bentuk kegiatan seperti ini sangat melambangkan makna dari slogan CSSMoRA, khususnya CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yakni, BERSAMA SANTRI SEHATKAN NEGERI”, ungkap Kak Ikram sebagai Penanggung Jawab kegiatan ini.

Kegiatan diisi dengan diadakannya penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh Kak Abdul Rahman S.Ked (CSS 2015) mengenai kesadaran terhadap pentingnya kesehatan lingkungan.  Penyampaian materi ini disampaikan dengan ringan kepada masyarakat yang umumnya masih sangat awam tentang kesehatan lingkungan. Disusul dengan penyerahan sertifikat kepada pemaateri. Tak hanya sampai pada penyuluhan saja, kegiatan dilanjutkan dengan diadakannya cek kesehatan gratis.

Tim Pengabdian CSSMoRA membuka peluang bagi masyarakat yang hendak memeriksa kesehatannya. Terutama kesehatan terkait tanda vital, kadar gula darah dan asam urat pada masyarakat setempat. Tak lupa edukasi juga diberikan kepada masyarakat . Hal ini dirasa penting sebagai salah satu upaya pendukung dalam meningkatkan kesadaran masyarakat di lingkungannya agar terus berupaya memerhatikan kesehatan diri dan lingkungannya.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan sukses. Tentunya selalu ada sutradara dan aktor hebat di balik film yang baik. Begitu juga dengan pengabdian ini.  Mereka adalah kombinasi terbalut kerjasama antara Tim Pengabdi CSSMoRA dengan tim mahasiswa KKN Kampus 1 dan Kampus 2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *