CSSMoRA Menyumbang Duta untuk Indonesia

Minggu, 02 Juli 2018, CSSMoRA dibuat bangga lagi dengan lahirnya sebuah prestasi baru. Rinaldi Nur Ibrahim, anggota CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2015 berhasil meraih Juara Harapan 1 pada ajang Pemilihan Duta Genre Jakarta Selatan yang diadakan oleh BKKBN.

Pemilihan Duta Genre atau Generasi Berencana Jakarta Selatan merupakan program yang mewadahi remaja-remaja berumur 10-24 tahun dalam empat bidang yang terfokuskan, yakni kependudukan dan pembangunan keluarga, kesehatan reproduksi remaja, keterampilan hidup dan perencanaan kehidupan berkeluarga. Tujuan acara ini tidak lain adalah mencari remaja untuk menjembatani remaja lainnya dalam menanggulangi permasalahan remaja, seperti pernikahan dini, penggunaan narkoba, seks beresiko, dan permasalahan-permasalahan remaja lainnya.

Kegiatan pemilihan duta yang dilaksanakan di Gedung Balai Tetap Setia ini dibuka pendaftarannya pada 19 maret lalu, dilanjutkan pengumuman lolos pemberkasan pada 3 mei, dan seleksi semifinalis pada 16 mei. Setelah rangkaian pendaftaran tersebut, para finalis yang lolos mengikuti karantina dan beberapa tes yang diujikan, yakni tes psikologi, kebudayaan, keorganisasian, dan pengetahuan genre. Puncak acara tersebut dilaksanakan pada senin, 2 Juli 2018 kemarin.

Peraih juara harapan satu ini mengatakan, selain sebagai wadah dalam menghadapi permasalahan-permasalahan remaja acara ini juga berfungsi sebagai reminder bagi para remaja agar menghindari permasalahan-permasalahan tersebut sekaligus melaksanakan program-program yang sudah dirancang oleh masing-masing duta yang terpilih. Dalam programnya, mahasiswa farmasi ini merancangkan genre icon Mewadahi remaja-remaja di seluruh Indonesia untuk menjadi icon dari genre, yakni Genre mewadahi remaja untuk mampu melangsungkan jenjang-jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus Kesehatan Reproduksi.

Mahasiswa yang memilki visi bahwa orang yang sukses adalah seseorang yang mampu memberikan banyak manfaat kepada orang lain ini, mengatakan “Remaja adalah kita, kita sebagai remaja haruslah berusaha semaksimal mungkin untuk membantu menanggulangi permasalahan yang terjadi pada remaja, kalau bukan kita siapa lagi? SALAM GenRe!” ungkapnya diakhir wawancara Denta.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *