PERAYAAN ISRA MIRAJ TPA AR-RAHMAH OLEH CSSMoRA UIN JAKARTA, LANGKAH KECIL MENGASAH KETRAMPILAN PENERUS BANGSA

Ciputat (14/04) belajar diwaktu besar bagai mengukir diatas air, belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu, siapa yang tak mengenal pribahasa lama tersebut. Hal ini pula yang menjadi dasar di adakannya Peringatan Hari Besar Islam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW oleh Keislaman CSSMoRA UIN Jakarta. Dengan konsep pendidikan dini pada anak-anak, Keislaman CSSMoRA UIN Jakarta mengadakan peringatan Isra Miraj di TPA Ar-Rahmah, pisangan ciputat. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pembiasaan dan pembelajaran kepada anak-anak peserta didik TPA dengan kesenian dan keterampilan, selain itu tentu yang utamalah adalah pembelajaran ketauladanan Nabi Besar Muhammad SAW.

Peringatan Isra Miraj di TPA Ar-Rahmah dilaksanakan selama satu pekan terhitung dari hari senin, 09 April sampai pada hari Sabtu, 14 April 2018. Serangkaian acara yang diselenggarakan di TPA Ar-Rahmah, yang bertempat di gang jambu, pisangan, ciputat timur, itu terdiri dari perlombaan Adzan, mewarnai, Sholat, baca Tartil, dan fashion show. Dan serangkaian tersebut ditutup dengan malam puncak pagelaran seni sekaligus pengumuman dan pemberian hadiah.
Rangkaian acara berlangsung meriah dan antusias selama 6 hari. Bahkan dari hari ke hari keramaian semakin bertambah, diantaranya adalah kedatangan Ibu dan keluarga lainnya yang ikut penasaran menyaksikan anak tercinta tampil mengikuti serangkaian perlombaan. Pada malam puncak, riuh keceriaan para penonton pun semakin bertambah, seiring dengan berlarutnya malam. ada yang tersenyum lucu, tertawa bahagia, dan tatapan bangga kepada para peserta yang tampil. Ada yang membawakan puisi berantai seorang pemuda yang bertaubat, ada pula yang dengan anggunnya bernyanyi dan menari. Tak pula, anak-anak juga mencoba tuk menampilkan musikalisasi puisi dengan iring-iring sholawat.
Tak ingin kalah dengan para peserta, panitia yang terdiri dari peserta didik kelas 6 TPA juga ikut unjuk kemampuan dengan membawakan penampilan hadroh yang juga merupakan hasil dari latihan setiap saat bersama kakak-kakak CSSMORA UIN Jakarta. Acara ini ditutup dengan pengumuman juara dan pemberian hadiah. Nantinya para pemenang akan menjadi perwakilan TPA Ar-rahmah untuk mengikuti perlombaan Isra Miraj di TPA Al-ikhlas dengan TPA-TPA lainnya se- Pisangan.
Hal ini merupakan salah satu usaha positif dalam mengikuti perkembangan zaman dimana anak-anak tidak hanya diajarkan akan pembelajaran formal setiap hari, namun juga perlu akan adanya bekal berupa skill, seni dan keterampilan untuk kehidupan pada jenjang selanjutnya. Selain itu, kegiatan ini merupakan wujud kecil dari pengabdian anak-anak CSSMoRA dalam pemberdayaan masyarakat sekitar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *