ANDAT bersama CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah

Sabtu, 16 September 2017. Kembali CSSMoRA mengelar acara pelatihan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Pelatihan Analisis Data, atau yang sering disingkat pelatihan ANDAT ini merupakan pelatihan tentang manajemen analisis data dan aplikasinya menggunakan software SPSS dan Epidata.

Pelatihan yang bertempat di  Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ini, ditujukan kepada seluruh anggota CSSMoRA terutama pada angkatan yang akan melaksanakan skripsi. Bekal pengetahuan tentang manajemen analisis data sangatlah penting diketahui oleh siapapun yang kan melakukan penelitian, oleh karena itu digelarnya acara ini diharapkan akan bermanfaat dan menjadi bekal untuk semua anggota CSSMoRA yang akan melakukan penelitian tugas akhir.

Acara ini berlangsung kurang lebiIMG-20170918-WA0034 (1)h 8 jam ini, dimulai pada pukul 8 pagi. Pelatihan dipandu oleh anggota CSSMoRA sendiri, kak Fildah Rusdina dan kak Gilang yang merupakan mahasiswa Kesehatan Masyarakat semester 8. Pelatihan dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu mengenai teknis input data menggunakan aplikasi Epidata dan SPSS. Kemudian pada sesi kedua yaitu mengenai analisis dan interpretasi data. Berakhir pada pukul 4 sore acara ini ditutup dengan pembagian dorprize dan doa penutup.

Acara yang cukup menguras pikiran ini mendapat respon positif dari peserta pelatihan. Salah satu kesan yang disampaikan yaitu dari peserta bernama Sri utami. “Acaranya sangat bermanfaat, terutama bagi kami yang akan melaksanakan skripsi karena materi ini sudah lama diberikan, jadi sangat membantu untuk kembali me-recall materi yang sudah lupa” tutur sri utami di akhir acara. Selain itu menurut Ketua Umum CSSMoRA UIN Jakarta, Syarif Pujiantoro pelatihan analisis data ini adalah acara yang sangat bermanfaat dan sangat langka, karena hanya di CSSMoRA UIN Jakarta yang menyediakan pelatihan analisis data dengan tanpa memungut biaya, tentunya beliau berharap ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini dapat bermanfaat dan membantu kelancaran dalam melakukan penelitian tugas akhir.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *