NURI ZAYANAH, GADIS PENUH SEMANGAT CSSMORA, DELEGASI INDONESIA DALAM APPS (ASIA PACIFIC PHARMACEUTICAL SYMPOSIUM) KE-XVI DI THAILAND

aaaaaa(20/08) Motivasi dapat berasal dari siapa saja, dimana saja, oleh apapun juga. Dari keinginan, dari adanya peluang, dari pengalaman. Dan masih banyak sumber-sumber motivasi lainnya. Dan itu semua adalah sama, yang membedakan hanyalah bagaimana kita mengusahakannya, ber-ikhtiar didalamnya, dan selalu berdoa kepada-Nya. Sekiranya  hal itulah yang dapat kita jadikan pelajaran dari sosok penuh semangat, saudari kita bersama, NURI ZAYANAH, CSSMoRA UIN JKT 2015.

Manusia langka yang satu ini adalah anggota CSSMoRA yang ditugaskan untuk menuntut ilmu di Program Studi Farmasi UIN JKT angkatan 2015, berasal dari Ponpes Al-Ishlah Lamongan, jawa timur. Setelah dulunya dia terpilih oleh KEMENAG untuk menjadi bagian dari CSSMoRA, saat ini, orang lamongan ini juga baru saja terpilih menjadi Delegasi ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Indonesia) pada serangkaian acara APPS (Asia Pacific Pharmaceutical Symposium) ke-XVI di Thailand. Saya mohon katakan wow, subhanallah sekali!.

APPS adalah suatu serangkaian acara yang diselenggarakan oleh APRO (Asia Pacific Regional Office) yang merupakan bagian dari persatuan farmasi seluruh dunia. APPS diselenggarakan selama 7 hari yaitu mulai tanggal 21 Juli-27 Juli 2017 di thailand. Acara ini merupakan acara dimana seluruh delegasi farmasi dari seluruh Asia pacific dapat berkumpul untuk belajar lebih dalam dengan wawasan farmasi dalam lingkup global, selain itu juga sebagai ajang pengenalan masing-masing budaya dan juga sebagai media memperluas relasi skala internasional.

Nuri menjadi delegasi setelah mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh ISMAFARSI terhadap seluruh mahasiswa farmasi di Indonesia. Menurut Nuri, setelah diwawancara reporter DENTA, acara APPS ini sangatlah bermanfaat dan juga melelahkan, melelahkan karena harus bahagia setiap saat. Nuri juga menuturkan selama seminggu kegiatan, banyak hal yang dia lakukan, menghadiri dan menyimak simposium, workshop, festival budaya dan makanan, dinner, perlombaan poster, clinical skill, conselling event, dan sampai dia harus merelakan dirinya dibawa kesetiap sudut Thailand untuk menyelesaikan misi-misi yang diberikan, Jalan-jalan, sungguh melelahkan bukan?

“saya bersyukur banget, ini adalah nikmat yang besar dari allah, karena ini adalah event internasional yang pertama kali saya ikuti. Pengalaman berceceran dimana-mana, wawasan terutama tentang kefarmasian sangat terbuka luas, saling sharing pengalaman dan openmind dengan cara pandang masing-masing negara, dan itu Alhamdulillah sekali. Pesan saya sih, pergi keluar negeri itu jangan hanya untuk jalan-jalan, apalagi untuk menyenangkan kekasih, namun harus lebih dari itu. Banyak pengalaman baru disetiap jengkal langkah kaki kalian. Jika kalian ingin ke luar negeri, usahakan segera, mulai usahamu dari sekarang, karena kita tak akan tau apa yang terjadi nanti kepada kita dimasa depan” tutur Nuri dengan bahagianya.

Dengan adanya acara APPS ini, Nuri menyebutkan dirinya makin termotivasi dan semangat untuk dapat keluar negeri yang lebih luar, yang  lebih jauh, karena dia yakin, lebih banyak lagi pelajaran yang berharga dan pengalaman yang tidak terlupakan dari itu semua. Dia bercerita ketika suatu malam, ada pesta diatas kapal yang mewah diatas sungai, jangan dibayangkan, tak akan sampai,dan juga sungguh menyenangkan hati

Syarif, selaku ketua CSSMoRA UIN JKT saat ini, sangat bersyukur atas prestasi yang diraih oleh nuri. Dia (syarif) berharap semoga seluruh anggota CSSMoRA dapat belajar dari semangat saudari Nuri, sehingga nanti satu per satu anak CSSMoRA dapat pergi keluar negeri, asalkan harus kembali ke indonesia. Tutur syarif tempo hari.

 

Reportase ini ditulis setelah tokoh yang bersangkutan pulang ke indonesia, liburan ke jogja, dan belajar bahasa di pare, dan setelah penulis ingat bahwa ada liputan yang harus diselesaikan, MAAF 😊

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *