Profil CSSMoRA UIN Jakarta

logo cssmora uin jkt

Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs atau yang disingkat CSSMoRA adalah organisasi yang terdiri dari penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) oleh Kementrian Agama. Keanggotaan CSSMoRA sendiri mengikuti pencakupan PBSB yang bekerjasama dengan beberapa universitas ternama di Indonesia, salah satunya adalah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

CSSMoRA UIN Jakarta merupakan organisasi yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang masuk lewat jalur kerjasama Kementrian Agama, yaitu PBSB. Sampai saat ini, terdapat 4 jurusan di UIN Jakarta yang menerima santri PBSB. Yaitu Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Kedokteran dan Profesi Dokter, serta Ilmu Keperawatan, yang mana terlingkup dalam Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Pada tahun 2005, PBSB pertama kali diadakan di UIN Jakarta dan merima 11 santri dari berbagai pesantren di Indonesia. Pada saat itu, hanya dua program studi yang dicakup PBSB yaitu Kesehatan Masyarakat dan Pendidikan Dokter (sekarang Kedokteran dan Profesi Dokter). Penerima PBSB datang masing-masing tanpa mengenal satu sama lain dan dengan tidak tersatukan.

Baru pada tahun 2007, mulai diadakan temu rutin setiap Minggu pagi di belakang Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP). Muatan percakapan pada saat itu hanya sebatas tanya kabar dan senda gurau tanpa adanya unsur organisasi.

Nama CSS (Community of Santri Scholars) pertama kali muncul pada pertemuan penerima PBSB tingkat nasional pada 12 Desember 2007 di Lembang, Bandung. Hal itu menjadi penggagas rasa persatuan antar penerima PBSB.

Penerima PBSB di UIN Jakarta sendiri memakai  nama Avicenna sebagai wadah persatuan anggotanya yang diketuai oleh Iksan Joko Prawanto PSKM 2005. Baru setelah kembali diadakan temu nasional, yang mana nama CSS berganti menjadi CSSMoRA pada tahun 2008, nama Avicenna berganti seriring pergantian kepengurusan Saudara Iksan, yaitu menjadi CSSMoRA UIN Jakarta yang diketuai oleh Arif Kurniawan PSKM 2007 sebagai ketua CSSMoRA UIN Jakarta yang pertama.

Dalam prosesnya CSSMoRA UIN Jakarta terus mengembangkan organisasinya dengan mengusung program kerja – program kerja unggulan yang berdasarkan Pancasila, Islam – kepesantrenan, kekeluargaan, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Visi CSSMoRA

Terciptanya anggota CSSMoRA yang berorientasi pada keilmuan, pengembangan dan pemberdayaan pesantren serta pengabdian masyarakat

Misi CSSMoRA

  1. Mempererat silaturahmi antar anggota CSSMoRA
  2. Mengembangkan bakat dan minat dari anggota CSSMoRA
  3. Mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  4. Mengembangkan jejaring organisasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *