Lagi-lagi anggota CSSMoRA membawa harum nama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di bidang Essay Ilmiah dalam even Public Health Festival Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan  Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta (2-29/05/2016)

Abd. Rahman, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Semester II ini berhasil masuk sebagai finalis berkat inovasi yang dijabarkan dalam Essay Ilmiahnya. Dengan judul “Meminimalisirkan Produksi Rokok dengan Pemanfaatan Tembakau menjadi Produk Terbaru untuk Mempertahankan Ekologi Perkebunan dan Menuju Indonesia Sehat”. Rahman mencoba menjelaskan kepada para audience yang hadir dalam acara final di Auditoriun FKIK mengenai sisi lain dari pemanfaatan tembakau. Mengurangi penggunaan rokok tidak harus dengan menghilangkan tembakau melainkan membuat produk terbaru yang bahan utamanya tetap dari tembakau sehingga tidak menimbulkan kerugian pada sektor perkebunan tembakau. Sebenarnya sangat banyak kegunaan tembakau jika diproduksi tidak dalam bentuk rokok, namun sebagian besar tembakau di Indonesia di produksi sebagai bahan baku rokok .

Dibalik tudingan bahwa tembakau sebagai penyebab dari penyakit kanker ternyata tembakau mengandung protein anti kanker, serta dapat mencegah DM tipe 1. Kurang lebih seperti itu yang dijelaskan Rahman dalam presentasinya. Meskipun Rahman baru mengetahui bahwa karyanya masuk babak Presentasi sehari sebelumnya, dia tetap bisa membuat power point yang menarik dan menyampaikan maksud dari essay nya dengan baik. Kali ini Rahman berkesempatan menjadi juara 3 dengan membawa pulang penghargaan, Rahman mengatakan bahwa ini dia persembahkan kepada Ibu, Bapak , Keluarga, Pesantren, Keluarga besar CSS Mora, dan Pspd UIN Jakarta.

Hal yang mengejutkan lainnya adalah saat para juri memberikan selamat, timbul satu pertanyaan dari salah seorang juri kepada Rahman bahwa apakah Rahman anggota dari CSS Mora. Dengan penuh rasa bangga Rahman mengiyakan, dan ternyata juri tersebut dengan nama lengkap Hunan Siregar merupakan anggota CSS Mora Angkatan 2007, Beliau sempat berkata “sungguh suatu keberuntungan ya, saya jadi juri, ehh tak taunya bisa ketemu adek-adek saya”. Setelah acara tesebut, Bu Muhan (sapaan, red) mengajak anggota CSS lainnya yang hari itu hadir untuk berfoto bersama.

Image_b2debeb

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *