CSSMoRA UIN Jakarta Peringati Maulid Nabi SAW

Ciputat, 29/12

CSSMoRA UIN Jakarta kembali mengadakan kegiatan-kegiatan yang selalu mengingatkan anggotanya pada kehidupan di pesantren dulu. Organisasi yang menaungi kumpulan mahasiswa PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi) tersebut kini mengadakan acara dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal 1437 H (24 Desember 2015). Kegiatan tersebut terlaksana pada hari Minggu, 27 Desember 2015 di Musholla FISIP UIN Jakarta.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut bertemakan “Revitalisasi Keteladanan Sifat Nabi Muhammad SAW dalam Praktik Kebhinnekaan di Indonesia”. Acara dibuka dengan penampilan hadroh dari tim CSSMoRA UIN Jakarta, dilanjutkan dengan ceramah dari seorang ustadz, H. Asep Anwar.

Ceramah dibuka dengan bahasan bahwa santri akan tetap menjadi santri melalui tiga proses pembelajaran: pre learning, learning, dan after learning. After learning merupakan proses yang harusnya dapat dicapai karena merupakan inti dari proses pertama dan kedua, yakni dilakukannya belajar sambil beramal.

Asep Anwar menambahkan dalam ceramahnya mengenai bagaimana cara untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Beliau berkata, “Ada tiga cara yang harus dilakukan dalam rangka memperingati hati lahir Rasulullah SAW, yaitu dengan mengulas sejarah perjuangan Rasulullah SAW (termasuk sejarah umat Islam), meningkatkan kecintaan dan ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya, serta meneladani sikap dan sifat Rasulullah SAW.”

Kegiatan ditutup dengan penampilan hadroh kedua disertai pembacaan Barzanji. Kegiatan ini dirasa cukup menarik bagi anggota CSSMoRA UIN Jakarta karena dapat mengingatkan akan budaya di pesantren sehingga setidaknya sedikit mengobati kerinduan akan kegiatan pesantren. (AT)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *